Selasa, 03 April 2012

Kuatkanlah Dirimu

Selamat datang di tempat baru, Kawan. Mungkin Engkau sudah mengetahui tempat barumu. Bagaimana keadaannya, bagaimana orang-orangnya, bagaimana budayanya, bagaimana lingkungan sekitarnya, bagaimana yang lainnya dan lainnya.

Kali pertama Engkau datang di sana, mungkin Engkau kaget dengan sambutan berbagai karakter di sana. Ada yang bersemangat menyambutmu, ada yang datar-datar saja sikapnya kepadamu, ada yang mencoba mengatakan kepadamu, "Hei, ini aku", ada yang menunjukkan wajah kurang bersahabat kepadamu, dan yang lain-lain yang hanya Engkau yang memahami dengan segala interpretasi dari sudut pandangmu sendiri. Kawan, wajar-wajar saja sikap mereka seperti itu. Bagi yang bersemangat menyambutmu, mereka mungkin sudah tahu latar belakangmu dan itu sesuai dengan visi mereka. Bagi yang datar-datar saja sikapnya kepadamu, mungkin mereka masih menimbang-timbang, belum tahu sepenuhnya tentang dirimu. Bagi mereka yang mencoba mengatakan siapa dirinya, mungkin mereka memang membutuhkan pengakuan darimu. Bagi mereka yang menunjukkan sikap kurang bersahabat terhadapmu, mungkin mereka sudah tahu tentang dirimu dan itu tidak sejalan dengan visi mereka.

Kawan, itu semua hal yang wajar diterima oleh orang baru sepertimu. Terserah apa anggapan dan kata mereka. Engkau adalah Engkau. Engkau yang punya latar belakang, sifat, karakter, dan budaya sendiri. Bagaimanapun itu, semoga latar belakang, sifat, karakter, dan budayamu membawa dampak positif bagi dirimu, orang-orang sekitarmu, dan organisasimu.

Sekali lagi, selamat datang dan, ... kuatkanlah dirimu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar